PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN JADDIH 04

hayati, nur (2021) PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN JADDIH 04. Other thesis, SKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
NUR HAYATI_1748811021_PGSD_2021.pdf

Download (914kB)

Abstract

Abstrak Hayati, Nur. 2021. Judul Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Jaddih 04. Skripsi, program studi sekolah dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Rendra Sakbana Kusuma, M.Pd, dan (II) Yunita Hariyani, M.I.kom Peneliti bertujuan untuk mengethui apakan terdapat pengaruh pada penerapan metode eksperimen terhadap pembelajaran IPA di SDN Jaddih 04. Metode eksperimen merupakan metode mengajar yang melibatakan keaktifan peserta didik untuk melakukan memahami dan membuktikan sendiri proses yang di teliti dari hasil percobaan tersebut, hasil belajar IPA yaitu berupa skor atau nilai setelah mengerjakan tes. Teknik pengumpulandata menggunakan Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pre eksperimen design dengan jenis one grup pre test-post test design tes berupa pre-test dan post-test .instrument pengumpulan datanya berupa soal pilihan ganda dengan 12 soal pada pre-test dan post-testnya. Nilai rata – rata tertinggi padapre-test yaitu 75 dan nilai terrendahnya yaitu 59. Sedangkan pada nilai rata-rata tertinggi dari nilai post-test yaitu 83 dan nilai terendahnya yaitu 75.Hasil penelitian yang diperoleh dariperhitungan uji-t yaitu t hitung > t table yaitu 3,467 > 2,179 maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN JADDIH 04. Kata kunci: metode eksperimen,pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: nur hayati
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:19
Last Modified: 19 Nov 2021 04:19
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item