pengaruh model discovery learning berbantuan media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Labang

Hasanah Makrufatul, MH (2021) pengaruh model discovery learning berbantuan media gambar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Labang. Other thesis, stkip pgri bangkalan.

[img] Text
Makrufatul Hasanah_1748811015_PGSD_2021.pdf

Download (367kB)

Abstract

ABSTRAK Hasanah, Makrufatul. 2021. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Labang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing (1) Rendra Sakbana Kusuma,M.Pd dan pembimbing (II) Yunita Hariyani,M.I.Kom Kata-kata kunci : Hasil belajar, Discovery learning berbantuan media gambar matematika Tujuan melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas IV SDN Labang. Perlu tindakan perbaikan pada proses pembelajaran siswa dengan tujuan agar siswa dapat ikut berperan aktif dalam kelas. Sehingga perbaikkan tersebut dilakukan dengan cara menerapkan model pembelajaran discovery learning dengan berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk mengetahui hasil belajar matematika dengan melakukan tes hasil belajar pada mata pelajaran mayematika bangun datar. Hasil belajar matematika berupa skor atau nilai setelah mengerjakan tes matematika yang mana hasil pelajarannya terdapat pengaruh positif pada nilai rata-rata siswa kelas IV. Penelitian ini adalah menggunakan model discovery learning berbantuan media gambar mata pelajaran matematika. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV, yang berjumlah 20 dengan 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan jenis penelitian one grup pre test-post test design tes berupa pre-test dan post-test. Instrumen pengumpulan data berupa soal pilihan ganda dengan 30 soal pada pre-test dan post-test. Nilai rata-rata tertinggi pada pre-test 75 dan nilai terendah 64. Sedangkan pada nilai rata-rata tertinggi post-test 81 dan nilai terendah 70. Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil Uji-t yaitu t hitung > t tabelyaitu 3,770 > 2,093 maka dapat diartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning berbantuan media gambar (X) Terhadap hasil belajar matematika (Y) Siswa kelas IV SDN Labang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: makrufatul hasanah
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:28
Last Modified: 18 Nov 2021 04:28
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1237

Actions (login required)

View Item View Item