Pengaruh Learning Starts With A Question Method Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Banyuajuh 5 Kamal

mulya safitri, tiara (2021) Pengaruh Learning Starts With A Question Method Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Banyuajuh 5 Kamal. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Tiara Mulya Safitri_1748811029_PGSD_2021.pdf

Download (606kB)

Abstract

ABSTRAK Safitri Tiara Mulya. 2021. Pengaruh Learning Starts With A Question Method Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Banyuajuh 5 Kamal. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing (I) Zainal Arifin, M. Pd, dan (II) Yunita Hariyani, M.I.Kom Kata-Kata Kunci: Learning Starts With A Question, Metode Konvensional, Keaktifan dan Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Learning Starts With A Question Method Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN Banyuajuh 5 Kamal. Metode penelitian ini menggunakan tes dan kuesioner. Teknik pengambilan data menggunakan Google Form. Instrument penelitian ini berupa soal ( pilihan ganda ) dan angket. Untuk mengukur validitas menggunakan Program SPSS 21. Setelah melakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik uji Regresi Berganda di peroleh untuk uji t Parsial pertama “ metode konvensional (X1) terhadap keaktifan (Y1) nilai signifikansi 0,088 > 0,05 maka disimpulkan bahwa H1 ditolak artinya tidak ada pengaruh metode konvensional (X1) terhadap keaktifan (Y1), untuk “ metode konvensional (X1) terhadap hasil belajar (Y2) nilai signifikansi signifikansi 0,318 > 0,05 maka disimpulkan bahwa H1 ditolak artinya tidak ada pengaruh metode konvensional (X1) terhadap hasil belajar (Y2). Sedangkan uji t Parsial kedua “ metode LSQ (X2) terhadap keaktifan (Y1) nilai signifikansi 0,246 > 0,05 maka disimpulkan bahwa H1 ditolak artinya tidak ada pengaruh metode LSQ (X2) terhadap hasil belajar (Y2), untuk metode LSQ (X2) terhadap hasil belajar (Y2) nilai signifikansi 0,318 > 0,05 maka disimpulkan bahwa H1 ditolak artinya tidak ada pengaruh metode LSQ (X2) terhadap hasil belajar (Y2). Jika hasil dari uji F secara simultan untuk yang variabel Keaktifan (Y1) nilai 0,182 > 0,05 maka sesuai dengan pedoman dalam uji F dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yaitu metode konvensional (X1) dan metode LSQ (X2) secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap keaktifan (Y1), Sedangkan untuk yang variabel Hasil Belajar (Y2) nilai 0,20 < 0,05 maka sesuai dengan pedoman dalam uji F dapat disimpulkan bahwa hipotesis pertama yaitu metode konvensional (X1) dan metode LSQ (X2) secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar (Y2).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: tiara mulya safitri
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:10
Last Modified: 19 Nov 2021 04:10
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item