PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL THEACING AND LEARNING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS IV SDN JADDIH 04

Hasanah Nurul, HN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL THEACING AND LEARNING TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA KELAS IV SDN JADDIH 04. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
Nurul Hasanah_1748811024_PGSD_2021.pdf

Download (237kB)

Abstract

Hasanah, Nurul 2021. Berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran (Contextual Teaching and Learning) Terhadap hasil belajar matematika”, Skripsi, program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan, Pembimbing I: Zainal Arifin, M,Pd., Pembimbing II: Rendra Sakbana Kusuma, M,Pd. Kata Kunci: (Contextual Teaching and Learning), Pembelajaran Matematika Bangun Datar. Model pembelajaran (CTL) merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan bisa mengefektifkan dalam proses pembelajaran sehingga bisa mebuat pembelajaran bisa lebbih menarik. (CTL) merupakan konsep yang bisa membantu guru dalam mengaitkan antara materi yang diajarkan oleh guru dengan kehidupan dunia nyata siswa. Dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran (CTL) yang menjadikan peserta didik agar bisa lebih aktif,kreatif pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran (CTL) dalam pembelajaran matematika bangun datar pada siswa kelas 1V SDN jaddih 04. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu model pembelajaran (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa kelas 1V SDN jaddih 04. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen pada pembelajaran matematika. Populasi dan sampel didalam penelitian ini seluruh siswa kelas 1V SDN jaddih 04 dengan jumlah 13 siswa perempuan 8 laki-laki 5 pada tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan jenis penelitian pre eksperimen design dengan jenis one grup pre test-post test design tes yang berupa pre-test dan post-test. Instrumen pengumpilan data berupa soal pilihan ganda dengan 18 soal pada pre-test dan post-test. Dengan nilai rata-rata tertinggi pada pre-test yaitu 77 dan nilai terentah 61. Sedagakan pada nilai post-tes nilai tertinngi yaitu 83 dan nilai terendahnya 72. Hail penelitian yang diperoleh dari perhitungan uji-t yaitu t hitung > t table yaitu 3.700 > 2,179 maka dapat diartikan Ha diterima dan Ho ditolak jadi terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran (Contextual Teaching and Learning)terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas 1V SDN jaddih 04.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: nurul hasanah
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:17
Last Modified: 19 Nov 2021 04:17
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item