PENGARUH PENCOCOKAN KARTU INDEKS (INDEX CARD MATCH) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II UPTD SDN JADDIH 4

handayani, nur fitria, nfh (2021) PENGARUH PENCOCOKAN KARTU INDEKS (INDEX CARD MATCH) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS II UPTD SDN JADDIH 4. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Nur Fitria Handayani_1748811020_PGSD_2021.pdf

Download (309kB)

Abstract

Handayani, Nur Fitria, 2021. Pengaruh Pencocokan Kartu Indeks (Index Card Match) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas Ii Uptd Sdn Jaddih 4. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Ihwan Firmansyah, M.Pd. dan (II) Miranti Widi Andriani, M.Pd. Kata- Kata Kunci: Kartu Indeks (index card match), Keterampilan Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kartu indeks (indexcard match) dalam pembelajaran bahasa indonesia terhadap keterampilan membaca siswa kelas II SD Negeri Jaddih 4, Desa Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitiian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri yang berjumlah 20 siswa dan sampel yang digunakan adalah kelas II. Instrumen penelitian berupa angket, yaitu pretest posttest sebanyak 30 soal dengan dicentang dan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengguankan uji regresi dan uji t.Berdasarkan penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh kartu indeks (index card match) dalam Bahasa Indonesia terhadap keterampilan membaca siswa kelas II dengan memperoleh hasil nilai dari uji regresi sederhana bahwa thitung lebih besar dari ttabel dengan hasil 3,400 > 2,093, dalam perhitungan tersebut terdapat signifikansi lebih kecil dibandingkan 0,05 yaitu 0,003<0,05. Selain uji regresi terdapat uji-t dengan hasil signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0.003<0,05. Maka dapat diartikan dengan pengambilan keputusan uji-t yaitu jika sigfikansi lebih kecil dari 0,05 maka H1 diterima sedangakan signifikansi lebih besar dari 0,05 maka H0 di tolak. Maka dapat di simpulkan bahwa index card match terdapat pengaruh terhadap keterampilan membaca pada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: nur fitria handayani
Date Deposited: 18 Nov 2021 04:30
Last Modified: 18 Nov 2021 04:30
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item