Pengaruh Model Jigsaw dan Konvensional terhadap Hasil dan Minat Belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri Banyuajuh 05 Kamal

monica sari, ayu (2021) Pengaruh Model Jigsaw dan Konvensional terhadap Hasil dan Minat Belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri Banyuajuh 05 Kamal. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ayu monica sari_1748811003_pgsd_2021.pdf

Download (483kB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Ayu Monica 2021. Berjudul “Pengaruh Model Jigsaw dan Konvensional terhadap Hasil dan Minat Belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas V Sekolah Dasar Negeri Banyuajuh 05 Kamal”, Skripsi, program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan, Pembimbing I: Zainal Arifin, M,Pd., Pembimbing II: Ihwan Firmansyah, M,Pd. Kata Kunci: jigsaw, konvensional, hasil, minat , matematika Model pembelajaran Konvensional pada umumnya penyampaian pelajaran menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan dan pembelajaran konvensional dilakukan dengan satu arah. Maka dari itu diirasa model ini kjrang efektif di era globalisasi seperti saat ini. Kemudian Model Jigsaw adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif dimana pembelajaran melalui penggunaan kelompok kecil siswa yang bekerjasama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal, baik pengalaman individu maupun pengalaman kelompok merupakan salah satu model pembelajaran yang diharapkan bisa mengefektifkan dalam proses pembelajaran sehingga bisa mebuat pembelajaran lebih menarik. Dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Jigsaw menjadikan peserta didik agar bisa lebih aktif dan kreatif pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model jigsaw dalam pembelajaran matematika bangun datar terhadap hasil dan minat belajar, pada siswa kelas V SDN Banyuajuh 05 Kamal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen pada pembelajaran matematika. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Banyuajuh 05 Kamal yang berjumlah 20 siswa pada tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan jenis penelitian pre eksperimen design dengan jenis one grup pre test-post test design tes yang berupa pre-test dan posttes. Instrumen pengumpulan data berupa soal pilihan ganda dengan 10 soal pada pre-test dan post-test. Dengan nilai rata-rata tertinggi pada pre-test yaitu 60 dan nilai terentah 40. Sedagakan pada nilai post-tes nilai tertinngi yaitu 80 dan nilai terendahnya 60. Hasil penelitian dari Hasil belajar yang diperoleh dari perhitungan uji-t yaitu t hitung > t table yaitu 2,689 > 2,101 maka dapat diartikan Ha diterima dan Ho ditolak. Dan pada Minat belajar diperoleh perhitungan uji – t yaitu thitung > ttable jadi terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar dan minat belajar matematika pada siswa kelas V SDN Banyuajuh 05 Kamal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: ayu monica sari
Date Deposited: 19 Nov 2021 04:08
Last Modified: 19 Nov 2021 04:08
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1231

Actions (login required)

View Item View Item