USING WHATSAPP ON STUDENT LISTENING SKILL IN ONLINE LEARNING DURING THE PANDEMIC PERIOD.

Faizah, Siti nur, Faizah,Siti nur (2021) USING WHATSAPP ON STUDENT LISTENING SKILL IN ONLINE LEARNING DURING THE PANDEMIC PERIOD. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
SITI NUR FAIZAH_1735511035_Artikel.docx - Submitted Version

Download (21kB)

Abstract

Nur. Siti. Faizah. 2021. Using Whatsapp on Student Listening Skill in Online Learning During The Pandemic Period . Thesis, English Education Department, STKIP PGRI Bangkalan. Advisor I: Maulana Yusuf Aditya M.Pd., Advisor II: Moh. Hafidz M.Pd. Kata kunci: WhatsApp, Kemampuan Mendengar, pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi WhatsApp dalam kelas mendengarkan dan tanggapan siswa setelah menggunakan WhatsApp dalam kelas mendengarkan. Whatsapp dipilih sebagai media untuk menyampaikan materi mendengarkan kepada siswa. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan dilakukan pada bulan Juni 2021. Para peserta penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris dan siswa kelas XI IPA 1 (tahun kedua) MA Raudlatut Tolibin. Data penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dengan mewawancarai dan mengamati siswa, guru dan implementasi penggunaan WhatsApp di kelas mendengarkan dengan membuat transkrip sebagai hasilnya. Berdasarkan wawancara menunjukkan bahwa siswa menyukai media Whatsapp karena mudah digunakam untuk Pendidikan saat pembelajaran dilakukan secara online, Whatsapp membantu siswa tetap fokus pada materi, dapat memberikan kejelasan untuk topik-topik yang sulit dipahami karena bisa diputar secara berulang-ulang, dan Whatsapp merupakan media yang bagus untuk membantu siswa dalam pelajaran secara online. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa implementasi Whatsapp di kelas mendengarkan membuat siswa lebih antusias pada materi dan mereka dapat menyampaikan apa yang telah mereka dengar dari audio yang dibagikan menggunakan kata-kata mereka sendiri. Dengan demikian, Whatsapp dapat digunakan sebagai salah satu media alternative untuk mengajar siswa dalam keterampilan mendengarkan dengan cara yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: siti nur faizah
Date Deposited: 15 Nov 2021 03:14
Last Modified: 15 Nov 2021 03:14
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item