SELF-LEARNING IN ENGLISH PRONOUNCIATION USING GOOGLE TRANSLATE

Farida, Nurul (2021) SELF-LEARNING IN ENGLISH PRONOUNCIATION USING GOOGLE TRANSLATE. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI Nurul Farida-Pend. B. Inggris-pdf.pdf

Download (223kB)

Abstract

Kata kunci : Pengucapan, belajar mandiri, Google Terjemahan, dan media belajar. Studi ini membahas implikasi pendidikan dari pembelajaran pengucapan sebagai kegiatan pembelajaran bahasa yang bermakna, dan menyelidiki penggunaan Google Terjemahan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan dan sangat mudah diakses oleh siswa untuk belajar pengucapan. Apalagi di masa pandemi covid-19 ini, belajar tiba-tiba berubah total secara online dan siswa dituntut untuk belajar sendiri, yang kemudian kita kenal dengan istilah pembelajaran mandiri yang biasanya dengan menggunakan berbagai aplikasi online. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab betapa pentingnya Google Translate bagi siswa sebagai alat pelengkap belajar pengucapan; bagaimana siswa memahami masalah menggunakan Google Terjemahan; dan dengan siapa mereka merasa lebih nyaman belajar pengucapan, dengan Google Terjemahan atau mungkin orang dewasa. Dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, data penelitian ini diperoleh dari observasi, angket dan wawancara online dengan guru bahasa Inggris dan siswa kelas 7 SMPN 2 Bangkalan, serta dokumentasi. Penelitian menunjukkan siswa menyukai Google Terjemahan karena manfaatnya yang dapat membantu mempelajari pengucapan. Namun disamping itu siswa juga mengalami kesulitan untuk menggunakannya, keluaran suara yang dihasilkan oleh GT tidak terlalu jelas bagi mereka, sehingga mereka harus mengulang mendengarkan berkali-kali sampai akhirnya mereka mengerti dan bisa menirukan pengucapannya. Kesulitan tersebut tergambar ketika beberapa dari mereka tidak dapat membedakan plosif, seperti /t/ dan /p/ suara; frikatif, yaitu suara /θ/ dan vokal pendek terdiri dari /ʌ/, /ə/, /I/ dan /ʊ/. Selanjutnya temuan membuktikan bahwa siswa merasa lebih nyaman belajar dengan orang dewasa daripada GT, meskipun mereka menyatakan bahwa GT sangat bermanfaat. Siswa membutuhkan penjelasan lebih lanjut tentang bagaimana proses suara dipancarkan, dan kegiatan lain dalam belajar pengucapan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Depositing User: nurul farida
Date Deposited: 17 Nov 2021 05:48
Last Modified: 17 Nov 2021 05:48
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item