PROFILE BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIEN (AQ)

AIDA, EVA NUR (2021) PROFILE BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIEN (AQ). Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
EVA NUR AIDA_1746611003_PENDIDIKAN MATEMATIKA_2021.pdf

Download (441kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah SPLDV ditinjau dari Adversity Quotient (AQ). Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa perempuan kelas IX MTS AL-KHOIRIYAH Trogan Klampis yang terdiri dari 1 siswa climber, 1 siswa camper,dan 1 siswa quitter. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket adversity response profile untuk menentukan siswa kategori climber, camper, quitter , soal tes penyelesaian masalah berupa soal uraian pada SPLDV dan pedoman wawancara. Teknik pengambilan data dengan teknik tes penyelesian masalah kemudian dilanjutkan dengan wawancara semi terstruktur untuk mengkonfirmasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Uji kredibilitas data dengan triagulasi, sedangkan teknis analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa subjek climber memenuhi indikator bepikir kreatif yaitu pada tahap memahami masalah melakukan proses berpikir kreatif fluence, pada tahap menyusun rencana penyelesaian melakukan proses berpikir kreatif fluence, Subjek juga melakukan proses berpikir flexibility.pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian subjek melakukan proses berpikir kreatif fluence, Subjek juga melakukan proses berpikir kreatif flexibility, pada tahap memeriksa kembali melakukan proses berpikir kreatif fluence. Siswa camper pada tahap memahami masalah melakukan proses berpikir kreatif fluence, pada tahap menyusun rencana penyelesaian melakukan proses berpikir kreatif fluence, Subjek juga melakukan proses berpikir flexibility. Pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian melakukan proses berpikir kreatif fluence dan subjek juga melakukan proses berpikir kreatif flexibility. Pada tahap memeriksa kembali melakukan proses berpikir kreatif fluence. Siswa quitter pada tahap memahami masalah melakukan proses berpikir kreatif fluence, pada tahap menyusun rencana penyelesaian melakukan proses berpikir kreatif fluence, pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian melakukan proses berpikir kreatif fluence,pada tahap memeriksa kembali melakukan proses berpikir kreatif fluence. Kata kunci : Berpikir kreatif, SPLDV, Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: eva nur aida
Date Deposited: 17 Nov 2021 03:47
Last Modified: 17 Nov 2021 03:47
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item View Item