PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA RODA PINTAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV UPTD SD NEGERI CAMPOR 2

Aprianti Nurah, AN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA RODA PINTAR TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV UPTD SD NEGERI CAMPOR 2. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Nurah Aprianti_1748811023_Pendidikan Guru Sekolah Dasar_2021.docx.doc

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK Nurah Aprianti. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Roda Pintar Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Di UPTD SD Negeri Campor 2. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Miranti Widi Andriani, M.Pd (II) Ihwan Firmansyah, M.Pd. Kata-kata kunci: model pembelajaran, model TGT, motivasi berprestasi. Penerapan model pembelajaran yang tepat sangat penting dalam proses pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu faktor keberhasilan proses belajar mengajar, diantaranya dalam memperbaiki motivasi berprestasi siswa. Motivasi berprestasi penting dimiliki oleh siswa, karena bisa mempengaruhi keberhasilan belajar. Namun, di UPTD SD Negeri Campor 2, penerapan model pembelajaran yang berpusat pada siswa masih kurang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran TGT dengan media roda pintar terhadap motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jenis Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah kelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data angket (kuisioner) dengan pemberian pretest dan posttest. Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis dan uji statistik hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil thitung sebesar 2,085 lebih besar > dari nilai ttabel 2,093 dengan nilai signifikansi 0,012 lebih kecil < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berpengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa kelas IV di UPTD SD Negeri Campor 2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PGSD
Depositing User: nurah aprianti
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:14
Last Modified: 12 Nov 2021 07:14
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1203

Actions (login required)

View Item View Item