\ PENGARUH PENERAPAN MODEL ‘MIND MAPPING’ PADA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MRANDUNG

Wati Erna, Erna (2021) \ PENGARUH PENERAPAN MODEL ‘MIND MAPPING’ PADA PELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MRANDUNG. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ERNA_WATI_1748811009_PGSD.doc

Download (139kB)

Abstract

ABSTRAK Wati, Erna. 2021. Pengaruh Penerapan Model ‘Mind Mapping’ Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrandung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Zainal Arifin M.Pd, dan (II) Rendra Sakbana Kusuma M.Pd Kata-kata Kunci: ‘Mind Mapping’ , Hasil Belajar, IPA, Tumbuhan dan bagian-bagiannya Penelitian ini berjudul “Pengaruh Penerapan Model ‘Mind Mapping’ Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrandung”. Rumusan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Mrandung. Serta tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Model Mind Mapping Pada Pelajarn IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrandung. Penelitian ini menggunakan jenis Pre-Experimental jenis One Group Pretest-posttest Design dengan Teknik Sampling Jenuh serta responden sebanyak 25 siswa. Peneliti juga menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas,Normalitas serta uji hipotesis menggunakan Uji Regresi Linier Sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS for windows 21 pada tanggal 8 dan 9 April 2021 serta lokasi penelitian berada di Jalan Raya Mrandung no.26 Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh antara Model Pembelajaran ‘Mind Mapping’ Pada Pelajaran IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Mrandung dengan menggunakan uji Regresi Linier Sederhana. Materi yang digunakan menggunakan Tema 3 sub-tema 1 yakni ‘Tumbuhan dan Bagian-bagiannya’. Sebelumnya telah melakukan uji Validitas pada kelas V, hasilnya mendapatkan 18 soal. Hasil rata-rata pretest sebesar 22,56 serta posttest sebesar 83,36 dengan selisih skor 60,8. Hasil uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach’s Alpha dengan nilai 0,825 < 0,486 ysng berarti data tersebut reliabel. Hasil uji normalitas sebesar 0,652 > 0,05. Serta untuk uji Regresi Linier Sederhana mendapatkan nilai pada Sign sebesar 0,021 < 0,05 yang ada pengaruh serta dengan menghitung nilai tTabel -2,484 > -1,999 bahwa terdapat pengaruh antara Model ‘Mind Mapping’ Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mrandung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PGSD
Depositing User: erna wati
Date Deposited: 12 Nov 2021 07:12
Last Modified: 12 Nov 2021 07:12
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item View Item