Aprilia, Faizah (2018) Penerapan Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) pada Materi Luas Permukaan Balok dan Kubus untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Burneh. UNSPECIFIED thesis, STKIP PGRI Bangkalan.
Text
Abstrak.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (14kB) |
Abstract
ABSTRAK Faizah,Aprilia 2018. Penerapan Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) pada Materi Luas Permukaan Balok dan Kubus untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Burneh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing, : (I) Mety Liedieni, S.kom, M.Si (II) Abdur Rosyid, S.Si, S,Pd, M.Si Kata Kunci : Model (Inside Outside Circle), Minat,Hasil Belajar Pada saat di kelas pembelajaran matematika kurang diminati oleh sebagian siswa. karena materinya lebih banyak yang bersifat menghitung, bagi siswa matematika menjadi pelajaran yang tidak menarik. Salah satu faktor yang mengakibatkan kurangnya kemauan siswa belajar matematika adalah kurangnya minat belajar siswa untuk mengajukan pertanyaan dan menanggapi permasalahan baik itu kepada guru maupun kepada siswa lainnya, sehingga mengakibatkan kurangnya pengetahuan siswa dalam matematika, di SMP Negeri 1 Burneh hasil yang diperoleh dari siswa kelas VIII-A memiliki nilai rata-rata di bawah KKM. Dari hasil tersebut terdapat adanya perbedaan kemampuan dalam satu kelas., diperlukan suatu peran guru dalam menerapkan model pembelajaran yang memperhatikan minat siswa. Model pembelajaran IOC menerapkan model pembelajaran yang memperhatikan pada minat siswa. Model pembelajaran ini dapat membantu siswa dalam menyampaikan informasi matematika. Sehingga minat belajar siswa pada matematika juga dapat diolah dengan menggunakan model pembelajaran IOC. Dalam hal ini siswa dapat aktif dalam belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Burneh melalui penerapan model pembelajaran IOC pada materi luas permukaan balok dan kubus. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas subyek yang digunakan adalah 20 siswa. Dari hasil penelitian data jumlah presentase meningkat kearah lebih baik dari aktivitas sampai dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Hasil belajar siswa pada siklus I dan II meningkat. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran IOC dalam kegiatan pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi luas permukaan balok dan kubus di SMP Negeri 1 Burneh. ABSTRACT Faizah,Aprilia. 2018. Implementation of IOC (Inside Outside Circle) Learning Model on Matter and Cube Surface Area to Improve Student's Interest and Learning Outcomes of Class VIII-A SMP Negeri 1 Burneh. Thesis, Mathematics Education Departement, Undergraduate Program, STKIP PGRI Bangkalan. Advisors,: (I) Mety Lisdieni, S.kom, M.Si (II) Abdur Rosyid, S.Si, S, Pd, M.Si Keywords: Model (Inside Outside Circle), Interest, Learning Outcomes In classrooms, mathematicslearning is less interested by some students because thematerial is more of a calculating nature. For them, those mathematics lessons are not interesting. One of the factors that resulted in the lack of students’ willingness to learnmathematics is the lack of interest in studying students, resulting in a lack knowledge of students in mathematics, especially in SMP Negeri 1 Burneh. The Results obtained from students of grade VIII-A it is found that there is an average score below the KKM. From these results, there is a difference in ability in one class, requiring a role of teachers in applying the model of learning that attention to student interest. This learning model can help students n relaying mathematical information so that students’ interest in mathematics can also be processed by using IOC learning model. In this case, students can be active in learning mathematics. The purpose of this research is to increase the through the application of IOC learning model on the surface area of beams and cubes. The type of this research is the subject action research, the data of the percentage increased better than activity up to the teacher ability in managing the learning. Student learning outcomes in cycle I and II increased. Based on data analysis, it can be concluded that the application of IOC learning model in mathematics learning activities can increase students’ interest and learning outcomes on the surface area of beams and cubes in SMP Negeri 1 Burneh.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 07:24 |
Last Modified: | 24 Sep 2018 07:24 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/120 |
Actions (login required)
View Item |