MACHFUD, MACHFUD (2021) PENGEMBANGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAS ISLAM YKHS KECAMATAN SEPULU. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
Machfud_1722211003_Pendidikan Ekonomi_2021.pdf Download (511kB) |
Abstract
ABSTRAK Machfud. 2021. Pengembangan Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Blog Pada Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAS Islam YKHS Sepulu, Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Bangkalan, Pembimbing I: Ruski, M.Pd, Pembimbing II: Drs Subandy Widjaya, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Penggunaan Media Pembelajaran, Berbasis Blog, Pelajaran Ekonomi Perkembangan dunia pendidikan di dunia secara nyata telah berkembang pesat dan mengalami kemajuan yang signifikan. Teknologi saat ini memungkinkan untuk dimanfaatkan di dalam dunia pendidikan karena semakin berkembangnya teknologi di seluruh dunia. Teknologi bisa dikatakan suatu kebutuhan bagi masyarakat apalagi di dunia pendidikan. Hal ini dapat dilihat bahwa teknologi sudah masuk terhadap ranah dunia pendidikan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang berkompeten. Oleh karena itu seorang pendidik harus mengetahui media dan metode pembelajaran yang tepat untuk menyampaikan informasinya kepada siswa agar siswanya bisa menerima informasi tersebut dalam keadaan senang dan tidak membosankan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) atau R & D dengan menggunakan model ADDIE. Jenis penelitian dan pengembangan ini merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut, yang termasuk dalam kajian tekstual. Menggunakan sumber data Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAS Islam YKHS Sepulu dengan data penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Blog. Penelitian ini juga menggunakan alur penelitian analysis (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), Development (Pengembangan) dan evaluate (evaluasi). Dengan prosedur pengumpulan data yang sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Hasil penilaian oleh ahli materi, penilaian media pembelajaran berbasis Blog dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,55 termasuk dalam kategori sangat layak, demikian juga dengan aspek kemanfaatan memperoleh skor sebesar 3.8 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Ahli media menilai media dari aspek desain Blog memperoleh skor sebesar 3,67 termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan praktisi pembelajaran ekonomi (guru) menilai media dari aspek materi memperoleh skor sebesar 3,78 termasuk dalam kategori sangat layak, aspek kemanfaatan memperoleh skor sebesar (guru) 3,78 dan (siswa) 3,58 termasuk dalam kategori sangat layak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Blog pada Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMAS Islam YKHS Sepulu dengan kepuasan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Blog mengalami sangat layak digunakan dalam pembelajaran antara sumber data pelajaran ekonomi kelas X di SMAS Islam YKHS Sepulu dengan pengembangan media pembelajaran berbasis Blog.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | machfud |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 04:26 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 04:26 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1182 |
Actions (login required)
View Item |