PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, TEMAN SEBAYA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA,DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS X SMAN 1 TANJUNGBUMI

Hilman Farrudi, Iftita Hurbania (2021) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM, TEMAN SEBAYA, STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA,DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWA KELAS X SMAN 1 TANJUNGBUMI. Other thesis, STKIP PGRI Bangkalan.

[img] Text
Iftita Hurbania_1722211028_jurnalnew.pdf

Download (506kB)

Abstract

Media sosial saat ini sangatlah penting bagi setiap orang khususya remaja, paling sering diakses dan banyak diminati siswa yaitu Instagram, dengan adanya instagram siswa dapat menambah wawasan dan pengetahuan baik dalam pembelajaran, mengenal teman,maupun situs berbelanja online dapat menimbulkan perilaku konsumtif. untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media sosial instagram, teman sebaya, status sosial ekonomi orangtua dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. teknik pengumpulan datanya menggunakan totally sampling. populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPA 1 dan II, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui variabel media sosial Instagram (X1) berpengaruh signifikan terhadap terhadap variabel Y(Perilaku konsumtif). Nilai Thitung yaitu 3,117 > T tabel 2,106 dan nilai signifikansi 0,004 < 0,05 maka Hoditolak dan Ha diterima. teman sebaya tidak berpengaruh signifikansi terhadap perilaku konsumtif, ditunjukkan nilai Thitung yaitu 1,907 < Ttabel yaitu 2,106 dengan nilai signifikansi 0,065 > 0,05 maka Ho diterima dan Haditolak. Status sosial ekonomi orangtua tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, ditunjukkan nilai Thitung 1,142 < Ttabel 2,106 dengan nilai signifikansi 0,261 > 0,05 maka Ho dierima dan Ha ditolak. Gaya hidup tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, ditunjukkan nilai Thitung 1,702 < Ttabel 2,106 dengan nilai signifikansi 0,098 > 0,05 maka Hoditolak dan Ha diterima. Sedangkan berdasarkan hasil uji F hitung 8,338 > F tabel 2,64, maka menunjukkan bahwa media sosial instagram (X1), teman sebaya (X2), status sosial ekonomi orangtua (X3), gaya hidup (X4) berpengaruh secara simultan terhadap parilaku konsumtif (Y). Kata kunci: Instagram, Status Sosial Gaya Hidup, Perilaku Konsumtif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: iftita hurbania
Date Deposited: 15 Nov 2021 06:03
Last Modified: 15 Nov 2021 06:03
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item