nur maisuroh, mila (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA SPARKOL VIDEOSCRIBE. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
Mila Nur Maisuroh_1746611014_Matematika_2021.pdf Download (503kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran talking stick berbantuan media sparkol videoscribe ditinjau dari kemampuan guru, aktivitas siswa, respon siswa dan ketuntasan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif karena data yang dikumpulkan berupa angka dan teknik analisis datanya menggunakan statistik deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode angket dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan kemampuan guru mengelola pembelajaran, metode angket digunakan untuk mengumpulkan data respon siswa, dan metode tes untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar angket respon siswa dan lembar tes ketuntasan belajar siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata skor tingkat kemampuan guru yaitu 3,75; aktivitas siswa berada pada kategori sangat aktif dengan persentase skor rata-rata sebesar 91%; respon siswa menunjukkan sangat positif dengan persentase 90% dan tes ketuntasan belajar telah mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 85,71%. Berdasarkan analisis data dari keempat indikator tersebut maka model pembelajaran talking stick berbantuan media sparkol videoscribe dikatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | mila nur maisuroh |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 04:36 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 04:36 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1176 |
Actions (login required)
View Item |