SEMANTIC MAPPING TO IMPROVE STUDENTS WRITING AT THE ELEVENTH GRADE OF SMK SUNAN AMPEL

Rohmah Mamluatur, MR (2021) SEMANTIC MAPPING TO IMPROVE STUDENTS WRITING AT THE ELEVENTH GRADE OF SMK SUNAN AMPEL. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Mamluatur Rohmah_1735511025_Bahasa Inggris.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif di kelas XI SMK Sunan Ampel tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian terdiri atas 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah desain penelitian model Kemmis and McTaggart. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tiga pertemuan. Data yang dikumpulkan pada saat penelitian yaitu melalui beberapa instrumen; pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada nilai menulis siswa dalam teks deskriptif. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditargetkan dalam pelajaran Bahasa Inggris adalah 70.00. Nilai rata-rata siswa pada post-action test 1 siklus ke-1 adalah 72.78. Sementara itu, nilai rata-rata siswa pada post-action test 2 siklus ke-2 adalah 87.96. Nilai rata-rata siswa pada siklus ke-2 inilah yang menunjukkan bahwa nilai siswa termasuk ke dalam kategori “Sangat Baik” berdasarkan buku J.B. Heaton mengenai rubrik penilaian menulis. Di samping itu, jumlah siswa yang nilainya melampaui nilai KKM pada siklus ke-1 ada 18 siswa dan jumlah siswa yang nilainya melampaui nilai KKM pada siklus ke-2 ada 27 siswa. Dapat disimpulkan bahwa teknik pemetaan pikiran telah dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif. Kata Kunci: Peta Semantik, Menulis, Deskriptif teks

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: mamluatur rohmah
Date Deposited: 19 Nov 2021 05:05
Last Modified: 19 Nov 2021 05:05
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1173

Actions (login required)

View Item View Item