Wasila, Badiatul (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMAN 1 KWANYAR DI MASA PANDEMI COVID -19. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
BADIATUL WASILA_02_Pendidikan Ekonomi_2021.doc Download (130kB) |
Abstract
ABSTRAK Wasila, Badiatul . 2021 Efektivitas pembelajran menggunakan media sosial Youtube terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS SMAN Kwanyar di masa pandemi covid-19 Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbingan: (I) Ruski,M.Pd dan (II) Drs. Subandy Widjaya,M.Pd Kata-Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Sosial Youtube Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaanMedia Sosial Youtube terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS di SMAN 1 Kwanyar. Secara teori Hasil Belajar adalah kemapuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya yang telah mereka dapat. Media Sosial youtube yaitu sebuah media online yang sedang trend saat ini dapat dimanfaatkan dalam dunia pendidikan untuk menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan tidak monoton. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dalam melakukan pengujian hipotesis penulis menggunakan uji t dan uji f. Sedangkan alat statistik berupa regresi dilakukan melalui program SPSS for Windows 23, dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kwanyar, pada bulan juni-juli yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Kwanyar kelas X IPS-1 dengan jumlah 36 siswa. Ini merupakan sebagian dari populasi yang berjumlah 83 orang siswa kelas X IPS SMAN 1 Kwanyar . Data tentang pengguanaan Media sosial youtube terhadap hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi diperoleh berdasarkan kuesioner yang diisi oleh siswa. Berdasarkan hasil regresi diketahui bahwa Media Sosial Youtube (X1) efektif terhapat Hasil belajar (Y) siswa di masa pandemi covid-19. Hal ini dalam variabel (X1) Hal ini dapat dilihat pada tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan hasil thitung>ttabel yaitu sebesar 50.384 > 1.6938. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis penelitian ini terbukti bahwa terdapat keefektifan dalam menggunakan Media pembelajaran Sosial Youtube terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Kwanyar di masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | PENDIDIKAN EKONOMI |
Depositing User: | badiatul wasila |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 04:20 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 04:20 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1154 |
Actions (login required)
View Item |