PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI

laila, nur (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VII SMP PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGI. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Nur Laila_1746611019_pendidikan matematika_2021.pdf

Download (996kB)

Abstract

Abstrak Kemampuan berpikir kreatif dalam bidang matematika maupun bidang lainnya adalah bagian dari keterampilan hidup seseorang yang perlu untuk dikembangkan terlebih dalam menghadapi era digital dengan suasana bersaing yang semakin ketat, namun realita yang terjadi terlebih dalam pembelajaran matematika masih menggunakan cara-cara kovensional sehingga berpengaruh terhadap aktivitas siswa yaitu siswa pasif dalam pembelajaran, kurang bervariasi dalam memberikan penyelesaian masalah. Oleh karena itu salah satu pembelajaran yang dianggap dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajran matematika adalah pembelajaran realistic mathematics education (RME). Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah unttuk mengetahui pengaruh pembelajaran RME terhadapa kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan pemelajaran RME serta perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar dengan RME dan siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMP Ad Damhuri kompol geger bangkalan. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen dengan model rancangan pretes postes. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Ad Damanhuri kompol geger bangkalan dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui pemberian tes tulis, kemudian dianalisis menggunakan SPSS 21. Hasil analisis data diperoleh bahwa pembelajaran RME berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa juga terdapat perbedaan kemapuan berpikir kreatis siswa yang diajar dengan RME dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji hipotesis dengan menggunakan taraf signifikan , kriteria pengujian diperoleh bahwa 0,00 < 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian jika nilai signifikan kurang dari 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: nur lailapm Laila
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:52
Last Modified: 17 Nov 2021 04:52
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1140

Actions (login required)

View Item View Item