MOTIVASI KERJA GURU TIDAK TETAP DI SMAS MANCENGAN DARUSSALAM KECAMATAN MODUNG

suli, suli (2021) MOTIVASI KERJA GURU TIDAK TETAP DI SMAS MANCENGAN DARUSSALAM KECAMATAN MODUNG. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
SULI_1722211063_PENDIDIKAN EKONOMI_2021.doc

Download (185kB)

Abstract

Suli. 2021. Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap Di Smas Mancengan Darussalam Kecamatan Modung. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing; (I) Ika Lis Mariatun, M.Pd dan (II) Romiftahul Ulum, S.E, M.Ak. Kata kunci: Guru Tidak Tetap, Motivasi, Persepsi, Nilai Kerja, Karakteristik Biografi, Karakteristik Pribadi. Peran Guru sebagai salah satu komponen dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), memiliki peran yang sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Melihat begitu pentingnya peran guru dalam proses pendidikan dan sekaligus sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan proses pendidikan di sekolah, guru dituntut untuk memiliki keahlian, tanggung jawab dan jiwa rela memberikan layanan sosial di atas kepentingan pribadi. Namun ditengah banyaknya tuntutan terhadap profesi guru, banyak permasalahan yang dialami oleh guru, khususnya Guru Tidak Tetap (GTT), yakni berkisar masalah kesejahteraan dan kejelasan status kepegawaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memotivasi para Guru Tidak Tetap dalam menjalankan pekerjaannya, serta menemukan suatu solusi baru mengenai harapan tentang masa depan para Guru Tidak Tetap (GTT). Penelusuran terhadap faktor-faktor motivasi para Guru Tidak Tetap ini dimulai dari identifikasi nilai-nilai kerja menjadi seorang guru, karakteristik biografi, dan karakteristik pribadi, kemudian mengidentifikasi persepsi mengenai profesi guru, serta mengungkap berbagai sumber motivasi para Guru Tidak Tetap. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara sehingga mampu menggali lebih dalam tentang profesi guru. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah Guru Tidak Tetap (GTT) yang memiliki pengelaman kerja sebagai guru lebih dari 5 tahun yang bertugas di berbagai SMAS Mancengan Darussalam Kecamatan Modung. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa motivasi kerja seorang Guru Tidak Tetap dipengaruhi oleh faktor persepsi yang terbentuk dari nilai-nilai kerja, karakteristik biografi, serta karakteristik pribadi para responden.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: SULI
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:17
Last Modified: 17 Nov 2021 04:17
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item