PENGARUH MEDIA CBT (BEESMART) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PKK (PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN) DI SMK AN NUR FUADI BANGKALAN

Diea Meisy Halimawati Ariyanto, Mey (2021) PENGARUH MEDIA CBT (BEESMART) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PKK (PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN) DI SMK AN NUR FUADI BANGKALAN. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
Jurnal_Diea Meisy H.A_1722211018_8A.pdf

Download (334kB)

Abstract

Ariyanto, Diea Meisy Halimawati 2021. Pengaruh Media CBT (Beesmart) terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas XI Pada Mata Pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) di SMK An Nur Fuadi Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing: (I) Ika Lis Mariatun, M.Pd. dan (II) Romiftahul Ulum, S.E. M.Ak. Kata-Kata Kunci: Media CBT (Beesmart), Motivasi Belajar. Pada era globalisasi seperti saat ini, proses evaluasi pembelajaran menghadapi tantangan yang relatif besar. Perkembangan IPTEK yang pesat menawarkan berbagai kemudahan baru dalam lingkup pembelajaran, terutama bervariasinya media evaluasi pembelajaran yang digunakan guru. Penggunaan teknologi sebagai media evaluasi pembelajaran menjadikan kesempatan bagi siswa/siswi dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini dibuat untuk menganalisis pengaruh Media CBT (Beesmart) terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas XI Pada Mata Pelajaran PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) di SMK An Nur Fuadi Bangkalan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK An-Nur Fuadi. Sehingga populasi dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Media CBT (Beesmart) berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas XI dilihat dari hasil thitung sebesar 2,689 dan lebih besar dari ttabel yaitu 2,160. Dari hasil uji t tersebut maka menghasilkan H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun nilai signifikan pada uji t yaitu 0,019 yang mana nilai tersebut menunjukkan bahwa lebih kecil dari 0,05. Besarnya pengaruh media CBT (Beesmart) terhadap motivasi belajar siswa dapat dilihat dari nilai R2 yaitu sebesar 0,357 yang mana dapat diartikan sebesar 35,7% sedangkan koefisien korelasi (R) sebesar 0,598 yang menandakan media CBT (Beesmart) memiliki pengaruh yang sedang terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: diea meisy halimawati ariyanto
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:38
Last Modified: 11 Nov 2021 02:39
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1112

Actions (login required)

View Item View Item