EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BANGKALAN

Sulistianingsih, Wahyu (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 BANGKALAN. Other thesis, Pendidikan Ekonomi.

[img] Text
Wahyu Sulistianingsih_1722211071_EkonomiB.doc

Download (122kB)

Abstract

ABSTRAK Sulistianingsih, Wahyu, 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bangkalan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Sarjana, STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing,: (I) Ika Lis Mariatun, M.Pd (II) Romiftahul Ulum, S.E, M.Ak Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Bangkalan. Penelitian ini dilatar belakangi karena proses pembelajaran yang dilakukan secara daring. Dengan proses pembelajaran daring ini siswa harus lebih kreatif dan mandiri agar siswa bisa mengikuti proses pembelajaran dari awal samopai akhir. Salah satunya di SMA Negeri 3 Bangkalan mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS yang dimana proses pembelajan dilakukan secara daring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Teknik Purposive Sampling dengan subjek penelitian yaitu 4 orang siswa kelas XI IPS 1. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika dilihat dari hasil belajar nilai rata-rata mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS pada pembelajaran daring semester Genap. Diperoleh nilai rata-rata kelas XI IPS 1 sebesar 81, sedangkan nilai rata-rata kelas XI IPS 2 sebesar 82. Maka perolehan hasil belajar siswa setelah pembelajaran daring pada semester genap mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian diatas juga dapat dikatakan bahwa jika dilihat dari nilai peolehan nilai rata-rata hasil belajar pada semster genap maka pembelajaran daring dapat dikatakan telah efektif. Tetapi jika dilihat dari beberapa masalah yang dihadapi para siswa dapat dikatakan bahwa pembelajaran daring tersebut masih kurang efektif dan masih harus ditingkatkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN EKONOMI
Depositing User: wahyu sulistianingsih
Date Deposited: 16 Nov 2021 05:08
Last Modified: 16 Nov 2021 05:08
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1081

Actions (login required)

View Item View Item