Putri Ira, Putri Ira (2021) KELAYAKAN BUKU TEKS SISWA BAHASA INDONESIA KELAS VII KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAHUN 2017. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
artikel skripsi ira putri.pdf Download (187kB) |
Abstract
ABSTRAK Ira Putri, 2021. Skripsi berjudul “Kelayakan buku teks siswa Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan tahun 2017”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Bangkalan, pembimbing I Ana Yuliati, M.Pd. Pembimbing II Ria Kristia Fatmasari, M.Pd. Kata Kunci: Buku teks siswa Kurikulum 2013, kelayakan materi/isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan dan kegrafikaan. Buku teks harus terus semakin disempurnakan, dan harus terus direvisi agar isinya menjadi lebih baik dari tahun ke tahun. Mengenai buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, masih ada beberapa yang belum sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan terutama pada bagian kelayakan isi, karena pada buku tersebut dalam bagian isi/materi masih banyak yang kurang sehingga tidak sesuai dengan Badan Standar Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kelayakan buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 dalam aspek kelayakan materi/isi menurut standar BSNP. (2) Untuk mengetahui kelayakan buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 dalam aspek kelayakan bahasa menurut standar BSNP. (3) Untuk mengetahui kelayakan buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 dalam aspek kelayakan penyajian menurut standar BSNP (4) Untuk mengetahui kelayakan buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 dalam aspek kelayakan kegrafikaan menurut standar BSNP. Sumber data dari penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 terbitan kementerian pendidikan dan kebudayaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan cheklist, metode analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian dalam penelitian ini menggambarkan bahwa buku teks siswa Bahasa Indonesia kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah dinyatakan cukup layak digunakan karena sesuai dengan BSNP, walaupun masih ada beberapa yang kurang sesuai dengan Badan Standar Nasional Pendidikan salah satunya adalah dari segi kelayakan penyajian buku teks Bahasa Indonesia kelas VII kurikulum 2013 terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan masih memiliki kekurangan dibagian konsistensi, keruntutan dan keseimbangan penyajian, karena buku teks ini tidak menyajikan rangkuman disetiap akhir bab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA |
Depositing User: | ira putri |
Date Deposited: | 11 Nov 2021 04:53 |
Last Modified: | 11 Nov 2021 04:53 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1075 |
Actions (login required)
View Item |