STRATEGI PEMASARAN IKAN ASIN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MASYARAKAT PESISIR DI DESA BANYUSANGKA KECAMATAN TANJUNG BUMI KABUPATEN BANGKALAN

ERNAWATI, (2020) STRATEGI PEMASARAN IKAN ASIN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO MASYARAKAT PESISIR DI DESA BANYUSANGKA KECAMATAN TANJUNG BUMI KABUPATEN BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img]
Preview
Image
ERNAWATI 001.jpg

Download (0B)
[img] Image
ERNAWATI 002.jpg

Download (0B)

Abstract

Ernawati.2020 Strategi Pemasaran Ikan Asin Dalam Pengembangan Usaha Mikro Masyarakat Pesisir Desa Banyusangkla Kecamatan Tanjung Bumi kabupaten Bangkalan. Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing (I) Joko Septaryanto, SE,M.Pd, dan (II) Aulia Dawam, SE,M.A. kata Kunci : Strategi pemasaran, Usaha Mikro Perkembangan dalam pemasaran ikan asin usahanya sulit berkembang karena dalam pemasaran ikan asin masyarakat di Desa Banyusangka masih bertumpu pada peminat pasar lokal. Dengan begini penulis berinisiatif ingin memperbaiki pemasaran ikan asin agar lebih luas lagi dalam memasarkan kan asinnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran dan analisis SWOT dalam pemasaran ikan asin di Desa Banyusangka Kecamatan Tanjung Bumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Variabel dari penelitian ini yaitu Strategi Pemasaran. Responden pada penelitian ini sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik purposive sample. teknik analisis yang digunakan strategi kopetetif dan analisis SWOT. Hasil strategi pemasaran didapatkan dari "4P" yaitu produk dan harga memiliki kesinambungan dari kualitas dan harga, sehingga harga yang diberikan sesuai dengan kualitas produk. dari segi empat pemasarannya masih secara tradisional akan tetapi saat musim hujan, pasar tradisional menjadi berair dan berlumpur sehingga konsumen membeli produk ikan asin melalui pedagang keliling serta promosi yang digunakan secara manual. Dari hasil yang didapat dari analisis SWOT yaitu kekuatan dan kelemahan dalam proses pembuatan ikan asin tidak jauh berbeda dengan ikan asin di desa Banyusangka kadang dalam pembuatannya terlalu asin. Sedangkan dari segi peluang dan ancaman ikan asin di desa Banyusangka dapat bersaing dipasaran karena produk ikan asin ini memiliki permintaan pasar yang tinggi dan salah satu hambatan dari produk ikan asin adalah perubahan iklim serta cuaca yang dapat mempengaruhi kualitas produk ikan asin.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: ?? PEK ??
Depositing User: Users 8 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:13
Last Modified: 09 Nov 2021 03:13
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1060

Actions (login required)

View Item View Item