Rihati, Rihati (2021) PEMAHAMAN SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI TRIGONOMETRI DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.
Text
Rihati_1746611021_Pendidikan Matematika_2021.pdf Download (692kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pemahaman Siswa SMA Kelas XI Pada Materi Trigonometri Ditinjau Dari Tingkat Kecemasan Matematika rendah dan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari satu orang siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah, dan satu siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi. Intrumen pendukung yang digunakan adalah Tes Angket Kecemasan matematika, pedoman wawancara dan tugas pemahaman siswa berupa soal (TPM). Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara berbasis tugas penyelesaian masalah. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verivfikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah Siswa dengan tingkat kecemasan tinggi mampu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, dengan mudah menyebutkan kembali apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Mampu mengklarifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut. Mampu mengaitkan berbagai konsep matematika dengan menggunakan lebih dari satu konsep untuk menyelesaikan masalah. Mampu menerapkan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika. Selanjutnya siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi kurang mampu menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, namun dengan mudah menyebutkan kembali apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan pada soal. Tidak Mampu mengklarifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut dengan kebingungan menentukan aturan trigonometri yang berdasarkan informasi soal dan tidak menentukan aturan trigonometri yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Tidak Mampu mengaitkan berbagai konsep matematika dengan tidak menggunakan lebih dari satu konsep untuk menyelesaikan masalah. Tidak Mampu menerapkan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Depositing User: | rihati |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 03:11 |
Last Modified: | 09 Nov 2021 03:11 |
URI: | http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1056 |
Actions (login required)
View Item |