DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK

Imamah AR, Nur (2021) DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMK. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
Nur Imamah AR_1746611018_Pendidikan Matematika_2021.pdf

Download (815kB)

Abstract

Pelaksanaan PJJ(pembelajaran jarak jauh) yang diterapkan di Indonesia yang disebabkan oleh Corona Virus Disease (Covid-19) tentunya akan berdampak pada hasil belajar siswa, dan ini tidak terlepas dari kemandirian belajar siswa. Artinya, PJJ membutuhkan kemandirian belajar yang tinggi dari peserta didik (dalam hal ini, siswa) untuk dapat memahami materi yang diajarkan, karena kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajarPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran matematika secara daring terhadap kemandirian belajar siswa dan dampak penerapan pembelajaran matematika secara daring terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan peelitian kuantitatif. Subjek penelitian kelas X di SMK Roudlotut Tholibin. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar siswa dan posttest hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t independent angket kemandirian adalah 0,816 > 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Sehingga tidak ada pengaruh atau dampak penerapan pembelajaran matematika secara daring terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMK. Dan uji independent t-test hasil belajar siswa diketahui nilai sig. (2-tailed) adalah 0,425 berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,425 > 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak. Sehingga tidak ada pengaruh atau dampak penerapan pembelajaran matematika secara daring terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: PENDIDIKAN MATEMATIKA
Depositing User: nur imamah. a.r
Date Deposited: 09 Nov 2021 03:12
Last Modified: 09 Nov 2021 03:12
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item