PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN BANDANG LAOK 3 KOKOP BANGKALAN

BUSILAN, BUSILAN (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN BANDANG LAOK 3 KOKOP BANGKALAN. Other thesis, STKIP PGRI BANGKALAN.

[img] Text
ARTIKEL SKRIPSI.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Busilan, 2021. Pengaruh. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Bandang Laok 3 Kokop Bangkalan Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP PGRI Bangkalan. Pembimbing I Zainal Arifin, M.Pd dan Pembimbing II Rendra Sakbana Kusuma, M.Pd. Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Rumusan maslah dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh. Penlitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Bandang Laok 3 Kokop Bangkalan. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dengan dua pengukuran yaitu Pretest dan Postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Bandang Laok 3 Kokop Bangkalan. Hal ini dapat dilihat dari hasil Pretest dan Posttest siswa yang sudah dilakukan dalam penelitian. Pretest ada berberapa siswa yang mmendapatkan 70 keatas. Dan setelah diberikannya perlakuan pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw maka diperoleh nilai Posttest yaitu siswa memperoleh nilai diatas 70. Selain itu juga digunakan perhitungan uji Paired Sample T test hasil penelitian diperoleh 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bawa terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Bandang Laok 3 Kokop Bangkalan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: PGSD
Depositing User: BUSILAN BUSILAN
Date Deposited: 10 Nov 2021 05:23
Last Modified: 10 Nov 2021 05:23
URI: http://repo.stkippgri-bkl.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item View Item